RESEP BUBUR TIM UNTUK BAYI

By |2017-08-03T01:56:31+00:00August 3rd, 2017|blog|

Ketika anak sudah berusia 6 bulan, hendaknya anak mulai dikenalkan pada makanan pendamping ASI. Anda bisa mulai membuat makanan bayi berbahan dasar beras dalam bentuk bubur tim. Supaya anak menyukai rasa makanan barunya, Anda perlu memberi bumbu secukupnya supaya makanan bayi tidak hambar.

Dalam membuat bubur tim, Anda harus memperhatikan kandungan gizinya. Yang perlu diperhatikan dalam membuat makanan bayi adalah tidak memberi bahan tambahan makanan dalam makanan bayi seperti penyedap rasa atau yang lainnya. Selain itu jika Anda ingin memberi bayi protein hewani seperti daging, ayam, atau telur pilihlah daging yang segar atau ayam kampung. Untuk sayur, pilih sayur yang masih segar dan baik.

Membuat makanan bayi sebaiknya jangan langsung banyak, cukup satu resep makanan bayi untuk 1 atau 2 kali makan saja. Jika bayi ingin makan Anda harus membuatnya lagi bisa dengan resep bubur tim yang berbeda. Karena jika Anda langsung membuatnya banyak, maka Anda akan sering memanaskan bubur tim sehingga kandungan gizinya semakin berkurang. Berikut ini beberapa resep bubur tim mudah untuk buah hati Anda :

Resep bubur tim

– 50 g beras
– air secukupnya
– hati ayam kampung
– jagung manis segar diiris lembut atau diblender
– bayam satu genggam iris lembut
– keju parut sedikit saja (Anda tidak perlu menggunakan garam)

Cara Membuat:

1. Nasi, hati ayam, dan jagung direbus dengan air. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk supaya tidak gosong.

2. Setelah menjadi bubur yang halus, masukkan bayam dan masak lagi hingga semua matang dan halus

3. Setelah cukup kental, kompor dimatikan lalu masukkan keju parut dan aduk hingga tercampur rata.

4. Saring hingga didapatkan bubur tim yang halus. Jika masih ada ampasnya bisa Anda blender dan disaring lagi. Hidangkan bubur tim dalam keadaan hangat.

 

Sumber: pakarbayi.com

ArabicEnglishIndonesian