Apakah Membekukan Makanan Bayi Aman?

By |2017-10-12T03:56:10+00:00October 12th, 2017|blog|

Salah satu cara menyimpan makanan bayi agar lebih awet adalah dengan cara dibekukan. Metode ini sudah dibuktikan di beberapa negara dan menjadi metode alternatif agar ibu tidak kerepotan dalam menangani permasalahan makan bayi.

Di berbagai negara seperti Canada, Amerika dan beberapa negara lainnya, makanan bayi dibuat sekaligus banyak agar kemudian bisa dibekukan. Hanya saja, ada beberapa metode penting yang harus diperhatikan dalam membekukan makanan bayi agar makanan tersebut tetap higienis hingga sampai ke mulut bayi.

Baca Juga : Resep Bubur Tim Untuk Bayi

Cara Tepat Membekukan Makanan Bayi

  1. Cuci hingga benar-benar bersih makanan yang ingin dibuat puree, misalkan seperti ayam, daging, ikan maupun sayuran.
  2. Potonglah menjadi bentuk kecil-kecil agar lebih mudah empuk dan mudah dihaluskan dengan blender.
  3. Selanjutnya rebus bahan makanan tersebut hingga benar-benar matang. Sebaiknya gunakan air sedikit agar puree yang kita buat tidak terlalu encer.
  4. Haluskan bahan makanan tersebut menggunakan blender hingga halus seperti bubur.
  5. Sebelum dituangkan pada wadah pembeku sebaiknya tunggu hingga puree benar-benar dingin.
  6. Selanjutnya tuangkan puree tersebut dalam wadah pembeku seperti cetakan es dan tutup dengan penutupnya. Jika wadah tersebut tidak memiliki tutup ibu bisa menutupnya dengan kantong plastik (plastic wrap) dan pastikan tidak ada celah terbuka agar puree tidak terkontaminasi makanan lain yang berada satu ruangan dengan puree.
  7. Nah, apabila sudah beku membentuk balok-balok es, ibu dapat memindahkannya ada kantong plastik yang baru dan higienis. Kini bentuk puree sudah terbagi menjadi balok-balok es dan penggunaannya pun lebih praktis ibu bisa mencairkannya cukup 1-2 kotak saja yang dibutuhkan.
  8. Jika sudah dimasukan dalam kantong, sebaiknya berikan label pada masing-masing label untuk mempermudah ibu mencarinya.

Itulah dia tips tepat dalam menyimpan makanan anak agar lebih tahan lama. Untuk mencairkan masing-masing puree agar lebih praktis ibu bisa menggunakan rice cooker.

Sumber : bidanku.com

ArabicEnglishIndonesian