Rumus untuk Mengetahui Perkembangan Anak

By |2017-11-16T02:42:52+00:00November 16th, 2017|blog|

Hai Bunda bagaimana keadaan tumbuh kembang si kecil kali ini ? Sejauh mana bunda mengetahui keadaan si menggemaskan ini.

Nah, tahu gak bunda ternyata tumbuh kembang anak kita juga dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. menurut para ahli Orang tua harus memenuhi kebutuhan dasar anak anaknya unuk mendapatkan tumbuh kembang yang maksimal diantaranya mulai dari stimulasi , imunisasi, aktivitas bermain dan isrirahat yang cukup.

Sebenarnya yah bun untuk mengetahui anak kita tumbuh dan berkembang cukup mudah lho,

Pertama : Pertumbuhan fisik, pada tahap ini kita sebagai orang tua dapat dengan mudah mengukur perkembangan anak kita dengan meihat seberapa tinggi anak, berat, lingkar kepala, lengan hingga lingkar dada

Idealnya begini lho bun kalau ingin tahu berat ideal anak dengan menggunakan rumus Richard e Behrman :

 

Lahir : 3,25 kg

3-12 Bulan : Umur (Bulan) +9) : 2

1-6 tahun : umur (tahun) x 2 + 8

 

sedangkan jika ingin mengetahui tinggi ideal anak bunda bisa gunakan rumus ini :

 

1 tahun : 1,5 X tinggi badan saat lahir

4 Tahun: 2 x Tinggi badan saat lahir

6 tahun : 1,5 Tinggi badan saat umur 1 tahun

 

tadi bunda sudah tahu kan sejauh mana si kecil mengalami pertumbuhannya nah sekarang kita akan mencarai tahu bagaimana perkembangan

  1. Perkembangan motorik

Perkembangan motorik secara, mendasar terbagi menjadi dua pertama motorik halus dan kedua motorik kasar , motorik kasar adalah yang menggunakan otot otot besar atau seluruh bagian tubuh yang dipengaruhi oleh kemampuan si kecil  contohnya yah bun seperti, berguling, menelungkup, duduk, berlari, menendang, melompat dan sebagainya. Sedangkan motorik halus adalah kemampuan anak untuk mencoret coret, menyusun balok kecil, memindahkan sesuatu dengan tangan dan lain lain.

  1. Perkembangan Bahasa

Pada tahap ini kita harus mengetahui nih bun, sudah sejauh mana anak kita memiliki kemampuan dalam berbahasa agar kita mengetahui apakah ada kelainan dalam sistem tubuhnya. caranya pun sangat mudah pada usia 0-12 bulan apakah ia merespon  terhadap suara  yang kita hasilkan dan keyika berusia 1 – 2 tahun sudah mulai mengucapkan kata sederhana.

  1. perkembangan psikososial

Pada tahap psikososial si kecil justru sangat aktif untuk merespon segala sesuatu seperti berceloteh terus menerus, senang jika namanya dipanggil, meminta sesuatu dengan cara menangis, merengek atau justru menunjuk sesuatu.

ArabicEnglishIndonesian