4 langkah menghindari keracunan makanan

By |2017-12-27T02:50:00+00:00December 27th, 2017|blog|

Masih ingatkah bunda beberapa hari lalu beredar kabar bahwa 9 warga Solo keracunan makanan saat menyantap makanan yang disediakan posyandu tersebut. Ada dugaan para warga keracunan akibat tidak higienisnya dalam proses pengolahan makanan sehingga bakteri masuk kedalam makanan dan membuat warga keracunan makanan.

Nah Bunda, ntuk menghindari keracunan makanan yuk ikuti 4 langkah praktis bagaimana menghindari keracunan pada makanan.

1. Bersihkan
Sebelum menyentuh bahan pangan alangkah baiknya bunda cuci tangan terleboih dahulu dengan sabun, selain itu cuci juga peralatan memasak seperti pisau talenan dan peralatan masak lainnya, agar lebih steril bilas menggunakan air hangat agar bakteri mati.

2. Pisahkan
Untuk mengindari keracunan akibat kontaminasi makanan pisahkan dahulu bahan makanan yang rentan terbentuknya bakteri seperti daging, ikan dan telur ke suhu rendah. pisahkan juga talenan untuk memotong sayur dan memotong daging jauhkan juga makanan yang sudah matang dengan yang belum diolah sama sekali.

3. Masak Dengan Benar
Masak makanan hingga benar benar matang. jika diukur menggunakan termometer maka pastikan berada disuhu 60-82 derajat Celcius. karena pada dasarny bakteri akan mati bila berada pada suhu pemanasan 70 derajat Celcius.

4. Dinginkan
Bila memasak minimal berada disuhu >65 derajat Celcius maka untuk menyimpan makanan disuhu rendah harus <5 derajat Celcius. dan tahukah bunda ternyata ada juga lho suhu berbahaya yaitu (danger zone) yakni suhu dimana bakteri dapat berkembang biak denga nyaman yakni suhu 4-60 derajat Celcius. Bunda juga harus mengindari menyimpan makanan terlalu lama agar kesegaran bahan makanan tersebut terjaga.

ArabicEnglishIndonesian