Dehidrasi, Minum Air Putih Saja

By |2018-07-26T04:01:00+00:00July 26th, 2018|blog, Uncategorized|

Hal yang sering terjadi saaat berpuasa adalah dehidrasi. Lho kok bisa begitu ? ternyata cariran yang masuk kedalam tubuh kita lebih sedikit dibanding saat kita tidak berpuasa, lalu bagaimana nih bun agar tubuh kita tetap memndapatkan asupan cairan yang tepat dan terhindar dari dehidrasi. yuk simak penjelasannya.

Pada umumnya tubuh manusia membutuhkan 2 liter air atau sekitar 8 gelas perhari agar terhindar dari dehidrasi, mengutip dari salah satu surat kabar elektronik dr. Sri Sukmaniah MSc, SpGk, yang merupakan Ahli Gizi dari depatemen Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan bahwa air putih merupakan cairan paling alami untuk memberikan dehidrasi pada tubuh , karena tidak mengandung pemanis, pewarna bahkan pengawet.

Pada saat berpuasa disarankan juga untuk mengonsumsi yang manis terlebih dahulu seperti kurma, namun jangan lupa tetap minum air putih sebanyak 2 gelas pada saat berbuka setelah itu baru bisa mengonsumsi makanan lain. untuk mencukupi asupan cairan disarankan untuk meminum 2 gelas air sebelum tarawih, setelah tidak langsung tidur yah bun tapi bunda bisa meminum 2 gelas kembali, begitu juga saat bunda menjelang tidur untuk minum 2 gelas kembali, agar lengkap menjadi pola 242 maka pada saat sahur bunda bisa minum 2 gelas lagi, sehingga asupan cairan sebanyak 2 liter atau 8 gelas perhari tercukupi, mudah kan bun.

yuk kita terapkan pola ini dikelurga kita agar puasa menjadi bersemangat dan makin segar.

ArabicEnglishIndonesian