Apakah Menjemur Bayi itu Baik?

Para Bunda biasanya menjemur bayinya setiap pagi di depan rumah agar terkena sinar matahari, menjemur bayi memang memiliki banyak manfaat untuk si buah hati, diantaranya adalah untuk menstimulasi vitamin D, Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang baik untuk pembentukan tulang bayi sehingga bayi baru lahir dapat memenuhi kebutuhan vitamin D-nya.

Kebutuhan vitamin D yang terpenuhi dapat melindungi bayi dari risiko osteoporosis, tekanan darah tinggi, beberapa penyakit autoimun, dan kanker saat bayi sudah tumbuh dewasa.

Namun ada beberapa hal penting hang perlu bunda ketahui saat bunda menjemur buah hatinya di bawah sinar matahari, karena terpapar sinar matahari terlalu lama dapat membuat kulit bayi terbakar. Kulit bayi yang terbakar dapat menyebabkan nyeri, demam, dan dehidrasi pada bayi. Selain itu, juga dapat meningkatkan risiko melanoma (jenis yang paling mematikan dari kanker kulit) serta kerutan di kemudian hari.

berikut beberapa hal yang perlu bunda perhatikan saat menjemur si buah hati :

Waktu : Waktu menjemur bayi sebaiknya di bawah jam 10 pagi dan di atas jam 4 sore. Sinar matahari paling kuat terjadi antara pukul 10 pagi sampai 4 sore.

Durasi : Sebaiknya menjemur bayi tidak terlalu lama, yaitu cukup 10-15 menit per hari. Terlalu lama menjemur bayi di sinar matahari langsung dapat membahayakan bayi.

Pakaian : Pakai pakaian yang secukupnya saat menjemur bayi. Sebaiknya tidak melepaskan seluruh pakaian bayi karena bayi baru lahir lebih rentan terhadap penyakit, seperti pilek.

Tempat : Sebaiknya menjemur bayi di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Menjemur bayi di balik kaca rumah tidak berpengaruh ke kulit bayi karena sinar ultraviolet dari matahari yang diperlukan untuk produksi vitamin D di kulit tidak menembus kaca.

Pelindung : Sebaiknya pakai pelindung kepala, seperti topi dan kacamata kecil untuk bayi. Jangan biarkan sinar matahari langsung mengenai kepala, wajah, dan mata bayi. Sinar matahari dapat mempengaruhi retina mata pada bayi.

Nah sekarang bunda sudah tahu kan hal-hal yang perlu diperhatikan saat menjemur buah hati, jadi sekarang bunda tidak perlu khawatir saat menjemur buah hati setiap pagi.

2017-09-26T01:44:16+00:00
ArabicEnglishIndonesian