blog

Asupan Nurtisi Bergizi Seimbang pada MPASI, Kunci Cerdaskan Anak Indonesia

Masa-masa emas tumbuh kembang si kecil berada di 1000 hari pertama. Perkembangan otak dan fisiknya sangat harus diperhatikan dengan baik. Pada masa ini otak bertumbuh secara maksimal, begitu pula pertumbuhan fisik. Selain itu, pada masa tersebut juga terjadi perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, dan ekspresi emosi. Jika berbagai kebutuhan anak diabaikan pada golden age, anak dikhawatirkan mengalami tumbuh kembang yang kurang optimal. Berbagai masalah yang terjadi akibat kurangnya perhatian dan pemenuhan kebutuhan anak pada masa golden age adalah seperti adanya gangguan kognitif, stunting atau perawakan pendek, serta adanya keterlambatan bicara maupun gangguan perilaku. Salah satu kebutuhan anak yang harus benar-benar diperhatikan dan dilakukan secara konsisten adalah pemberian nutrisi bergizi seimbang yang bisa diberikan melalui Makanan Pendamping Asi yang baik.


Si kecil akan mengalami pertumbuhan fisik, mulai dari peningkatan berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Dalam tahap ini, orang tua perlu untuk melakukan pemantauan, terutama mengenai status gizi anak untuk mendukung pertumbuhan fisiknya secara optimal. Hal yang bisa dilakukan untuk menunjang pemantauan tumbuh kembang secara fisiknya dapat dilakukan dengan memberikan asupan makanan bergizi. Salah satunya adalah memberikan Makanan Pendamping Asi yang mengandung Karbohidrat, Protein hewani, Protein Nabati, Serta, Lemak, dan berbagai macam vitamin yang baik untuk kesehatan dan tumbuh kembangnya.


Baca juga : Mpasi dan Imunitas Bayi, Cara Meningkatkan Sistem, Kekebalan Tubuh Bayi melalui Pilihan Makanan Yang Tepat.


Pada tahap perkembangan anak, si kecil akan mengalami perkembangan Motorik Kasar, Motorik Halus, Kognitif, Bicara, dan Interaksi sosial. Jika dijabarkan lebih lanjut, secara singkat Perkembangan Motorik adalah perkembangan yang berkaitan dengan gerakan tubuh dalam menggunakan otot besar, baik sebagian besar maupun seluruh anggota tubuh. Pada perkembangan Motorik halus, yaitu kemampuan yang berkaitan dengan keterampilan fisik yang melibatkan koordinasi mata, tangan, dan otot-otot kecil juga akan ikut berkembang. Contohnya adalah menggunakan pensil, mengancing baju, menggunakan sendok dll. Pada perkembangan Kognitif, yaitu kemampuan anak dalam mengolah dan mengelompokkan sesuatu yang tampak oleh inderanya. Contohnya, anak usia dua bulan mulai tertarik dengan wajah ibu, usia enam bulan mulai mencari benda yang jatuh, dll. Perkembangan Bicara si kecil meliputi berceloteh (cooing) saat usia 2-3 bulan, mengoceh (babbling) saat usia 6-9 bulan, dan telah memahami kosa kata dan perintah hingga kalimat seiring pertumbuhan usia juga harus dipantau dengan baik, agar jika si kecil mengalami gangguan atau keterlambatan, Moms bisa dengan mudah mendeteksi dan memberikan stimulus yang baik untuknya. Selanjutnya, Moms juga perlu memperhatikan bagaimana si kecil mulai melakukan interaksi terhadap orang dan lingkungan sekitarnya. Dengan dukungan penuh terutama dari Nutrisi dan Gizi seimbang yang si kecil dapatkan dari MPASI tentu akan menunjang masa depannya dan juga pendidikan si Kecil hingga iya besar nantinya.

1 comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search

PT. HASSANA BOGA SEJAHTERA
Kawasan Pergudangan Multiguna Taman Tekno 2 Blok L2 No. 35 BSD – Tangerang Selatan, Banten

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Signup our newsletter to get update information, news & insight

Nayz adalah MPASI homemade, organik dan fortifikasi pilihan Ibu milenial di Indonesia. Berbahan dasar beras organik, diperkaya campuran sayuran hijau seperti brokoli, wortel, buncis, dll sebagai protein nabati dan ikan, ayam, sapi sebagai protein alami ini sebagai MPASI Pokok.

© Copyright 2023 | NAYZ | All Rights Reserved.