Mengutip Kompas.com, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menerima setidaknya 11 laporan terkait kasus anak yang diduga keracunan makanan berasap yang berasal dari nitrogen cair atau ciki ngebul. Kejadian ini sontak membuat para orang tua khawatir dengan jajanan yang berada di sekitar sekolah anak atau lainnya. Sebelum kejadian ciki ngebul, pada Bulan Juli 2022 terjadi 1 kasus pada anak yang mengkonsumsi ice smoke di desa Ngasinan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo yang menyebabkan terjadinya luka bakar.

Dengan berbagai laporan yang masuk dan semakin mengkhawatirkan masyarakat, terutama orang tua. Kementerian Kesehatan meminta semua pihak terkait untuk meningkatkan kewaspadaan mengenai bahaya mengkonsumsi jajanan ice smoke atau ciki ngebul yang penjualannya masih banyak di sekitar kita. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan memberikan imbauan dalam Surat Edaran Nomor KL.02.02/C/90/2023 tentang Pengawasan Terhadap Penggunaan Nitrogen Cair Pada Produk Pangan Siap Saji, yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu pada 6 Januari 2023.

Sebenarnya apa itu nitrogen cair? Apakah yang akan terjadi jika digunakan tanpa takaran dan pengawasan khusus ke dalam makanan? Yuk simak penjelasannya.

Baca Juga : Join Affiliate Nayz, Dapatkan Keuntungannya

Ciki ngebul merupakan jajanan kekinian yang banyak dijual dan dicari karena keunikannya. Saat dikonsumsi, ciki ngebul dapat mengeluarkan asap yang berasal dari nitrogen cair atau liquid nitrogen. Sensasi inilah yang membuat ciki ngebul banyak menarik perhatian sekaligus digemari masyarakat utamanya anak-anak.

Berdasarkan Food & Drug Administration (FDA), Amerika Serikat, nitrogen cair adalah bentuk nitrogen yang mampu mempertahankan suhu sangat rendah dengan titik didih hingga -196 derajat Celsius. Pada awalnya nitrogen cair ini digunakan untuk mengawetkan bahan makanan, namun seiring perkembangan waktu nitrogen cair ini digunakan untuk menarik perhatian dengan dicampurkan kedalam makanan atau minuman dan menghasilkan sensasi yang unik.

Namun, ada 5 bahaya yang mengintai jika kita mengkonsumsi nitrogen cair tanpa pengawasan dan takaran yang sesuai lho Moms!

1. Sulit Bernapas

Nitrogen cair yang terhirup dapat menggusur oksigen di dalam tubuh sehingga mengakibatkan kamu kesulitan bernapas.

2. Sakit Perut

Sakit perut yang dialami bukan tanpa alasan, mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan nitrogen cari dapat menyebabkan perforasi lambung alias dinding lambung berlubang.

3. Lambung Berlubang

Lambung robek terjadi akibat nitrogen cair bersuhu sangat dingin memenuhi isi lambung dengan cepat. Dinding lambung pun mengalami kerusakan sehingga berlubang.

4. Luka Bakar

Menurut National Capital Poison Center, luka bakar, lepuh, dan cedera radang dingin (frostbite) yang parah bisa terjadi usai kulit terkena nitrogen cair.

5. Kematian

Mengkonsumsi nitrogen cair dapat mengganggu konsentrasi oksigen dalam tubuh menjadi sangat rendah sehingga menyebabkan pusing, sesak napas, tidak sadarkan diri, hingga kematian.

Selain mengawasi makanan yang akan dikonsumsi si kecil, mom juga bisa lho memberikan camilan sehat yang sudah terbukti aman. Seperti memberikan camilan dengan kreasi unik dari produk Snack Nayz! Terdiri dari Cookies, Puding Susu, dan Sereal Nayz yang bisa Moms ketahui nih kandungan dan nutrisinya untuk memenuhi gizi si kecil.

Yuk kembali berikan camilan sehat untuk si kecil dengan produk Paket Bundling Snack Nayz sekarang! It’s a Nayz Life.

Author : Nabilla
Referensi :
kompas.com
klikdokter.com
sehatnegeriku.kemkes.go.id