Berat Badan Bayi Lahir Besar Berbahaya?

Pernah mendengar istilah Makrosomia, Bun? Yap, istilah Makrosomia biasa digunakan untuk anak baru lahir dengan berat badan yang lebih besar dibandingkan anak pada umumnya.

Tapi kan anak yang bobotnya besar, lucu dan menggemaskan“, Ya memang sih bun, namun risiko dari anak yang lahir besar cukup tinggi lho.

Masalah kelahiran. Apabila Bunda melahirkan normal, anak dengan makrosomia akan berisiko terjepit di jalan lahir serta jaringan dan otot-otot vagina akan rusak. Dalam kondisi ini perlu adanya tindakan C-section (Operasi Caesar).

Perdarahan. Akibat dari makrosomia menyebabkan kontraksi otot rahim yang berlebihan sehingga bisa menyebabkan Bunda mengalami perdarahan yang serius.

Sindrom metabolik. Kondisi seperti peningkatan tekanan darah, gula darah, kelebihan lemak dalam tubuh meningkatkan risiko terkena obesitas, penyakit jantung, stroke dan diabetes pada saat anak mulai tumbuh nanti lho bun.

Nah, sudah tahu kan bun bahaya dari Anak Makrosomia. Sebelum hal di atas terjadi, yuk lakukan pencegahan dengan rutin menimbang berat badan, ANC dan USG agar kondisi Si Kecil bisa terkontrol.

2018-08-10T08:03:37+00:00
ArabicEnglishIndonesian