Memasuki usia 6 bulan, si kecil sudah dapat diberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI). Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan MPASI, yaitu jika si kecil sudah dapat menunjukkan ketertarikannya terhadap makanan, kepala sudah tegak, mampu duduk walau masih ditopang, kemampuan motorik sudah baik, dan saluran pencernaan sudah siap menerima makanan padat.

Hal yang harus diperhatikan berikutnya adalah pemberian menu MPASI yang akan Nayz Moms masak, terutama takaran gula dan garam. Karena banyak Moms yang masih bertanya apakah boleh menambahkan gula dan garam ke menu MPASI? Apakah ada jumlah takaran yang disarankan oleh Dokter? Yuk kita bahas satu persatu Moms!

Baca juga: 4 Rekomendasi Pola Makan Untuk Balita Underweight

Penambahan garam dan gula pada MPASI boleh dilakukan jika merasa perlu untuk memperkaya rasa pada makanan tersebut. World Action on Salt & Health menyatakan sebenarnya bayi hanya membutuhkan sedikit garam pada makanannya. Karena, ginjal pada bayi belum berkembang sempurna untuk mengolah dan mencerna garam seperti orang dewasa. Berikut panduan penggunaan garam dari Scientitific Advisory Comittee on Nutrition (SACN) :

0 – 12 bulan : kurang dari 1 gram (0,4 gram sodium)

1 – 2 tahun : 2 gram (0,8 gram sodium)

4 – 6 tahun : 3 gram (1,2 gram sodium)

7 – 10 tahun : 5 gram (2 gram sodium)

11 tahun keatas : 6 gram (2,4 gram sodium).

Lalu bagaimana dengan takaran gula? Yuk Nayz Moms kita simak bersama.

Pemberian gula terhadap MPASI menurut American Heart Association Guidelines :

1. Bayi usia 6-8 bulan hanya boleh mendapatkan ½ – 1 sdt gula per hari

2. Bayi usia 8-12 bulan hanya boleh mendapatkan ½ – 1 ½ sdt gula per hari.

Namun WHO menyarankan pemberian gula dan garam pada usia 12 bulan, Oleh karena itu pendekatan yang bijak adalah memberikan gula dan garam secukupnya pada MPASI yang dimasak sendiri ya mom!

Sebagai pengganti gula dan garam, Nayz Moms bisa lho menambahkan kaldu alami atau kaldu yang di khususkan untuk MPASI diolah dari bahan organik dan tanpa bahan pengawet. Jadi aman untuk dikonsumsi si kecil. MPASI yang terbaik untuk si kecil adalah yang dibuat secara homemade, organik dan berfortifikasi yang dimasak langsung oleh moms dengan penuh cinta. Its a Nayz Life!

Sumber :

theasianparent.com

klikdokter.com

Author : Nabilla Adelita