Cara Mudah Atasi Batuk Si Kecil

sering minum es yah bun kalau ramadhan, apa lagi kalau bulan puasa tanpa minuman dingin sepertinya tidaklah lengkap. tapi bun karena keseringan minum es malah terkadang membuat si kecil justru mudah sekali terserang batuk, dan kalau sudah batuk pasti akan sangat rewel minta ampun. nah bunda untuk mengatasi kerewelan si kecil dari batuknya, yuk kita bisa coba beberapa tips mengatasai batuk si kecil.

1. Madu
Zat alami yang satu ini memang juara deh jika dijadikan sebagai salah satu cara mengatasi penyakit. Rupanya didalam setiap tetes madu terkandung zat anti mikrobial dan antioksidan alami yang sangat bagus memperkuat tubuh dari serangan penyakit. madu juga dapat memicu keluarnya air liur sehingga tenggorokan tidak menjadi kering. lalu bagaimana cara mengonsumsi madu untuk mengatasi batuk bandel pada si kecil.

  • Setengah sendok teh madu untuk usia 2-5 tahun
  • 1 Sendok teh madu untuk usia 6-11 tahun.
  • 2 Sendok teh madu untuk anak berusia 12 tahun keatas.

oh iyah bunda, sebagai catatan jangan berikan madu pada bayi yang berusia dibawah 1 tahun yah, karena biasanya sistem pencernaan bayi belum cukup kuat untuk mencerna zat yang terkandung pada madu.

2. Obat Gosok
Cara yang kedua sangatlah sederhana, bunda bisa gosokkan dengan obat gosok pada telapak kaki dan tutupi dengan kaus kaki agar menjaga kehangatannya, namun bunda perlu perhatikan dalam memilih obat gososk jangan sampai menggunakan balsem orang dewasa.

3. Terapi Uap Air
Bunda cukup memasak air hingga mendidih kemudian taruh kedalam baskom, jangan lupa teteskan minyak esensial menthol ataupun minyak kayu putih kedalam baskom tersebut, setelah siap bunda tinggal menggendong atau memangku si kecil dan biarkan ia menghirup uap air tersebut.

4.Sup Ayam
Beberapa temuan mengatakan bahwa mengonsumsi sup ayam dapat mengurangi batuk yang merejang, dikarenakan didalam semangkuk sup ayam mengandung sejenis zat yang memperlambat sel penyebab gangguan kesehatan tubuh. sup hangat juga mampu memberikan rasa yang nyaman karena efek hangat yang menjalar pada perut, namun jika si kecil tidak menyukainya jangan paksakan yah bun.

2018-06-07T02:25:51+00:00
ArabicEnglishIndonesian