DIARE JANGAN PANIK

Pernah gak bun si kecil tiba tiba terkena diare, yang menyebabkan ia harus buang air kecil lebih dari 3 kali dalam sehari. Nah diare sendiri sebenarnya diakibatkan oleh serangan virus,bateri, atau parasit pada saluran pencernaan yang membuat sipenderita mudah dehidrasi dan mengeluarkan feces cair sedikit ampas bahkan ada yang berlendir dan berdarah. namun pada umumnya diare yang dialami oleh bayi atau balita disebabkan oleh virus yang bernama rotavirus lho bun dimana sebaran virus ini bisa melalui udara, jari tangan, makanan, dan lalat.

pertolongan pertama yang bisa bunda lakukan jika mengalami diare, bunda bisa menyiapkan larutan oralit dengan memberikan sedikit demi sedikit ke si kecil tiap 2-3 menit. fungsi oralit ini adalah sebagai pengganti cairan tubuh serta meminimalisir terjadinya dehidrasi. jika dirumah bunda tidak tersedia oralit bunda bisa melarutkan gula dan garam dengan takaaran 200 ml air, gula 1 sendok makan dan garam 1/4 sendok teh.
selain penggunaan oralit sebagai cara alternatif bunda dapat memberikan pertolongan pertama dengan memberinya minum sesering mungkin dan memberinya ASI lebih banyak. makanan yang lembek dan bergizi seimbang juga mampu untuk mengatasi dehidrasi dan mematikan virus diare.

bilamana selama 3 hari diare belum teratasi atau terjadi gejala lain seperti dehidrasi berlebih maka segeralah untuk memeriksanya ke dokter gejala dehidrasi ringan dapat dilihat dari gejala yang ditimbulkan sepeti anak rewel, haus, buang air kecil jarang, kelopak mata cekung, pucat serta mulut kering.

 

2018-01-08T04:13:17+00:00
ArabicEnglishIndonesian