Tips Mengontrol Nafsu Makan Saat Hamil

Bun, mengalami peningkatan nafsu makan ketika hamil? Peningkatan nafsu makan pada saat hamil biasanya terjadi menginjak trimester kedua karena pada trimester pertama kebanyakan merasakan mual muntah (morning sickness).

Memiliki nafsu makan tentu baik dibandingkan tidak sama sekali. Akan tetapi, yang jadi masalah adalah peningkatan nafsu makan yang terlalu berlebih hingga menyebabkan lonjakan angka berat badan, yang akhirnya berdampak pula pada Si Kecil.

Nafsu makan yang berlebih bisa mengakibatkan bayi lahir besar (makrosomia) dan Bunda melahirkan dengan risiko tinggi. Untuk itu, berikut tips yang bisa Bunda ikuti untuk mengontrol nafsu makan berlebih ketika hamil.

1. Kualitas makanan
Buang jauh-jauh persepsi “yang penting kenyang”. Bunda harus memerhatikan asupan makanan dengan mengutamakan menu makan yang bergizi dan seimbang. Karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral harus terpenuhi kebutuhannya.

2. Batasi gula, lemak dan garam
Makanan yang banyak mengandung gula, lemak dan garam biasanya terdapat pada makanan cepat saji atau makanan instan. Untuk mengatasi hal ini, Bunda bisa menggantinya dengan konsumsi buah atau sayur, bisa berupa buah utuh, smoothies atau salad.

3. Hindari makan sebelum tidur
Usahakan makan 3 jam sebelum tidur agar makanan dapat dicerna terlebih dahulu. Menghindari makan sebelum tidur juga mencegah terjadinya gerd. Kalau pun tidak bisa dihindari, Bunda bisa konsumsi makanan yang mudah dicerna seperti buah atau sayur.

4. Olahraga
Olahraga bisa membantu melancarkan peredaran darah dan tentunya membakar kalori. Olahraga yang Bunda lakukan tidak harus selalu berat kok. Bunda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang atau senam. Selain itu, aktivitas harian seperti mencuci, menyapu atau mengepel pun bisa membakar kalori.

2018-08-09T09:46:49+00:00
ArabicEnglishIndonesian