5 April 2022 WHO mengumumkan telah terjadi infeksi yang disebabkan oleh virus Hepatitis akut secara misterius yang dialami beberapa anak dari berbagai Negara di Dunia. Hal ini juga dialami oleh beberapa balita di Indonesia, dengan rentang usia 11 bulan hingga 5 tahun.

Apa itu Hepatitis? Berbahaya kah untuk si kecil? Yuk moms cari tahu penyebab, gejala, dan cara pencegahan yang dapat dilakukan untuk menangani virus ini.
Hepatitis adalah peradangan pada hati atau liver. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari infeksi virus, kebiasaan mengonsumsi alkohol, penggunaan obat-obatan tertentu, penyakit autoimun, dan infeksi cacing hati. Jika disebabkan oleh infeksi virus, hepatitis bisa menular ke orang lain.

Dikutip dari website Kemenkes, Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp. A, yang merupakan dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI mengatakan bahwa dugaan awal merebaknya virus Hepatitis akut ini disebabkan oleh Adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV dll. Virus tersebut utamanya menyerang saluran cerna dan saluran pernafasan.
Lalu, apa yang menjadi ciri dari hepatitis akut ‘misterius’ ini?

Jangan lupa untuk di catat ya moms!

  1. Ciri yang pertama, Sindrom jaundice atau penyakit kuning akut
  2. Gejala gastrointestinal seperti mual, muntah, diare, dan sakit perut
  3. Perubahan warna urine menjadi lebih gelap
  4. Feses berwarna pucat
  5. Nyeri sendi atau pegal
  6. Kelelahan, lesu, hilang nafsu makan, hingga penurunan kesadaran
  7. Demam. Namun, pada kasus hepatitis akut ‘misterius’ ini sebagian besar balita tidak menunjukan adanya gejala demam, bahkan dapat dikatakan sehat atau kondisi tubuh normal.
  8. Jika anak telah melakukan cek laboratorium dan menunjukan Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminas (SGOT) atau Serum Glutamic Pyruvic Transaminase (SGPT), lebih dari 500 U/L. Artinya, tingkat enzim hati yang sangat tinggi sehingga memiliki tanda peradangan atau kerusakan hati.

Moms jangan khawatir setelah membaca penyebab dan ciri pada anak jika terkena Hepatitis akut ‘misterius’ ini, karena kita sebagai orang tua dapat mencegah virus tersebut.

Yuk simak dan terapkan hal ini ya moms!

  1. Mencuci tangan sebelum makan dan setelah melakukan aktivitas seharian,
  2. Pastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih,
  3. Minum air bersih yang matang,
  4. Tidak bergantian alat makan dengan orang lain,
  5. Buang tinja atau popok sekali pakai pada tempatnya,
  6. Hindari kontak dengan orang sakit untuk tetap menjaga imun tubuh,
  7. Patuhi protokol kesehatan, termasuk memakai masker dan menjaga jarak. Karena penyebab virus Hepatitis akut ini masih dalam tahap investigasi oleh dinas kesehatan.

Semoga informasi diatas dapat membantu moms agar tidak lengah dan tetap waspada agar buah hati tercinta tetap tumbuh baik dan sehat. Kita harus yakin bahwa virus ini dapat hilang dan tidak menimbulkan kekhawatiran yang berlebihan di masyarakat maupun di dalam keluarga.

Tetap patuhi protokol kesehatan dan jaga kesehatan selalu ya moms!


Sumber :

sehatnegeriku.kemkes.go.id
www.mitrakeluarga.com


Author :
Nabilla Adelita