MANFAAT SALMON

Kalau bicara ikan salmon, siapa yang tidak tahu salah satu ikan yang harganya lumayan mahal ini. Biasa kita temui di panganan olahan seperti Sushi. Meski banyak dimakan dalam keadaan mentah, tapi rasa ikan tersebut masih terasa lezat, tapi jangan sering-sering ya, karena makanan yang mentah pasti masih terdapat kuman-kuman yang hinggap. Tapi apa sih kira-kira manfaat dari ikan salmon ini?

Berikut manfaatnya:

1. Baik untuk Jantung
Salah satu kandungan ikan salmon yang penting bagi kesehatan jantung adalah asam lemak omega-3. Zat ini merupakan jenis asam lemak tak jenuh yang bisa membantu menyehatkan jantung dengan cara mengurangi terjadinya peradangan di seluruh tubuh. Peradangan sendiri jika tidak dikendalikan dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung. Fungsi lain dari asam lemak omega-3 adalah membantu menurunkan trigliserida atau kolesterol jahat dan tekanan darah. Juga baik dalam membantu menurunkan risiko seseorang dari stroke dan gagal jantung serta mengurangi pembekuan darah.

2. Menunjang Perkembangan Otak
Bagi anak-anak, manfaat ikan salmon terutama untuk membantu meningkatkan perkembangan otak mereka. Hal ini bisa terjadi berkat kandungan asam lemak omega-3 EFA yang ada dalam ikan salmon. Bukan saja berguna bagi perkembangan otak anak-anak, asam lemak omega-3 dalam ikan salmon juga mungkin berguna bagi mereka yang mengidap gangguan pemusatan perhatian (ADHD). Konsumsi ikan yang kaya asam lemak omega-3 bisa membantu mengurangi gejala gangguan tersebut.

3. Baik untuk Kulit dan Rambut
Jika Anda sedang menjalani diet rendah lemak yang mengakibatkan kulit dan rambut kekurangan lemak, maka salmon bisa menjadi solusinya. Asam lemak omega-3 dalam ikan salmon akan membantu memenuhi kebutuhan lemak tubuh sehingga kulit tidak menjadi kusam dan rambut tetap sehat berkilau. Saking baiknya untuk kulit, asam lemak omega-3 sedang diuji untuk pengobatan psoriasis.

4. Berperan dalam Kesehatan Tulang
Selama ini kita mengenal matahari membantu tubuh mensintesis vitamin D untuk tubuh kita. Selain itu, vitamin D juga dapat diperoleh dari makanan dan suplemen. Ikan salmon adalah salah satu jenis makanan sumber vitamin D yang sangat baik. Dengan kata lain, ikan salmon bermanfaat bagi peningkatan kesehatan tulang.

5. Meredakan Depresi
Asam lemak omega-3 dalam ikan salmon juga diprediksi bermanfaat untuk meredakan depresi. Hal ini terjadi jika penderita depresi mengonsumsinya bersamaan dengan obat antidepresan yang diresepkan oleh dokter. Sebuah studi menyatakan pada wanita hamil yang mengonsumsi asam lemak omega-3 selama menjalani proses kehamilan akan menurunkan risiko depresi pasca kehamilan.

2017-08-03T03:31:38+00:00
ArabicEnglishIndonesian