Mengatasi Anak “Picky Eater”

Bun, suka khawatir gak sih kalau si kecil asupan gizinya tidak tercukupi karna susah makan dan pilih-pilih makanan? Ada lho bun trik yang bisa Bunda lakukan untuk si Picky Eater ini.

1. Kenalkan Menu Baru
Kenalkan menu baru yang beragam setiap makan agar si kecil mengenal berbagai jenis makanan. kenalkan menu baru satu per satu. Jika anak masih menolaknya dan melepehkannya, Bunda bisa alihkan dengan menu kesukaan si kecil agar si kecil tetap makan.

Penolakkan pada menu baru sangat wajar kok bun, yang penting si kecil sudah mengenal menu tersebut, dan tidak menutup kemungkinan suatu saat si kecil yang akan meminta sendiri.

2. Kreasi Makanan Unik
Bentuk makanan menjadi semenarik mungkin agar si kecil tertarik dan mau mencobanya. Bentuk ini bisa Bunda sesuaikan dengan karakter kesukaan si kecil, misal si kecil tidak menyukai wortel, nah Bunda bisa menyiasatinya dengan membuatnya menjadi bentuk bintang atau bentuk-bentuk lain yang disukai si kecil, selain itu, Bunda juga bisa menyembunyikan sayuran dengan menyelipkannya kedalam makanan seperti nugget.

3. Biasakan Makan Bersama
Dengan beramai-ramai makan bersama, si kecil akan melihat orang-orang di sekitar termasuk Bunda dan ada kemungkinan untuk mencobanya. Pada saat ini Bunda harus mencontohkan makan makanan yang beragam juga ya.

4. Jangan Paksa
Pemaksaan terhadap anak hanya akan membuatnya semakin menghindari makanan tersebut. Tetap sabar dan coba tawarkan kembali di lain hari.

Good luck, Bun!

2018-07-31T07:55:30+00:00
ArabicEnglishIndonesian