Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) adalah makanan yang diberikan kepada bayi usia 6 bulan hingga 2 tahun untuk menambah asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi yang sudah tidak cukup hanya dengan ASI saja. MPASI diperlukan karena pada usia tersebut, pertumbuhan dan perkembangan bayi sangat cepat dan membutuhkan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Stunting adalah kondisi dimana tinggi badan seseorang berada di bawah batas normal untuk usia dan jenis kelaminnya. Stunting dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan.

MPASI yang baik dan tepat sasaran dapat membantu mengurangi risiko stunting pada bayi dan anak-anak. MPASI yang baik harus mencakup berbagai jenis makanan yang kaya akan nutrisi seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Beberapa contoh makanan yang dapat diberikan sebagai MPASI adalah puree sayuran, puree buah-buahan, daging, ikan, telur, tepung kacang-kacangan dan tepung biji-bijian.

Selain itu, MPASI juga harus diberikan pada saat yang tepat dan dalam jumlah yang cukup. Orang tua harus diberikan penyuluhan tentang cara memberikan MPASI yang baik dan tepat sasaran.

Dalam mengatasi stunting, perlu adanya upaya yang komprehensif, mulai dari pencegahan stunting yang efektif sejak dini, sampai pada penanganan stunting yang sudah terjadi. Komponen yang harus diperhatikan dalam upaya pencegahan stunting meliputi:

  • Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama
  • Pemberian MPASI yang seimbang dan tepat sasaran
  • Pemberian air bersih dan sanitasi yang memadai
  • Perlindungan dari infeksi dan penyakit
  • Pendidikan kesehatan ibu dan keluarga tentang gizi dan kesehatan

Secara keseluruhan, MPASI yang baik dan tepat sasaran dapat membantu dalam mencegah stunting dan menjamin tumbuh kembang yang optimal pada bayi dan anak-anak. Namun perlu dicatat, upaya pencegahan stunting harus dilakukan secara komprehensif dan holistik.