Bun, pernah menemukan bungkusan kecil dalam makanan berisikan butiran-butiran? Ya, itu namanya Oxygen Absorber. Yuk kita kenalan dengan benda satu ini, Bun!

Oxygen Absorber yang sering ditemukan di makanan kemasan ini memiliki fungsi utama sebagai penyerap oksigen untuk makanan dalam kemasan. Kenapa tidak boleh ada oksigen dalam makanan kemasan? Alasannya karena oksigen yang terdapat dalam makanan kemasan dapat menyebabkan pertumbuhan mikroorganisme/bakteri aerob, kerusakan makanan dan menyebabkan terjadinya perubahan warna serta aroma.

Nah untuk itu, Oxygen Absorber ini sangat dibutuhkan dalam makanan kemasan agar bisa mempertahankan rasa dan kesegaran, memperpanjang masa kadaluarsa, mengurangi ketergantungan bahan pengawet dan tentunya melindungi makanan dari mikroorganisme/bakteri aerob yang merusak makanan.

Jadi, sekarang Bunda tidak perlu khawatir lagi kalau menemukan Oxygen Absorber dalam kemasan. Salah satu penyebab makanan kemasan bisa bertahan lama walaupun tanpa pengawet adalah penggunaan Si Oxygen Absorber ini lho Bun.

Satu hal yang perlu Bunda ketahui juga, Oxygen Absorber bukan produk yang beracun (non-toxic) jadi makanan tetap aman dan tidak akan terkontaminasi walaupun Oxygen Absorber dimasukkan dalam kemasan. Namun, bukan berarti benda satu ini aman untuk di makan ya Bun, diluar kemasan Oxygen Absorber sudah tertulis “Do not eat” atau “Tidak Untuk Dimakan”.