Bunda, Nayz mau tanya deh, si papah apa masih sering merokok yah bun? jika masih sering lebih baik kurangi atau berhenti merokok sekalian karena akibatnya bisa sangat berbahaya buat bunda dan janin.

Pada sebuah terbitan terbaru jurnal medis pediatrics yang dilansir dari boldsky terdapat beberapa efek berbahaya bagi janin bila sang ibu sering terpapar asap rokok diantaranya :

1. Cacat Lahir
Bilamana bunda sering terpapar asap rokok secara pasif maka bisa jadi anak bunda akan mengalami perubahan genetik sehingga menyebabkan cacat saat lahir.

2. Organ dalam rusak
Banyak sekali lho bun, para Ibu diluaran sana tidak menyadari bahaya dari asap rokok yang sering terhirup setiap harinya. padahal amat bahaya sekali untuk janin dan dapat merusak organ dalam tubuhnya karena pasokan darah pada plasenta tidak cukup akibat penghambatan dialiran darahnya. selain itu juga dapat mengakibatkan rusaknya sistem kardiovaskular, sistem pencernaan dan sistem syarat pusat janin itu sendiri. terdapat banyak studi yang membahas soal ini salah satunya adalah adanya neurobaivoural abnormal pada bayi.

3. Prematur
Masalah lain yang sering dihadapi ibu hamil adalah kekhawatiran lahir prematur. karena bisa jadi akibat paparan asap rokok bayi menjadi prematur pada saat kelahirannya

4. Berat Lahir Rendah
Jika bunda mendapati bayi yang memiliki berat badan rendah selama pemeriksaan USG, bisa jadi akibat paparan asap rokok yang menyebabkan hipoksia janin dan vasokonstriksi mengalami penghambatan dalam menyuplai darah pada plasenta.
5. Kematian
Ini yang paling menyeramkan bun, Kematian. Terdapat banyak penelitian yang menunjukan hubungan anatara paparan asap rokok dan kematian dini pada janin. Sebanyak 23 persen janin akan mengalami kematian dini bilamana selama masa kehamilan sang ibu sering terpapar asap rokok.

Yuk mulai sekarang mari hidup sehat denga saling menjaga dan membuat lingkungan sekitar kita bebas asap rokok.