blog

WHO Rilis Panduan MPASI Terbaru, Yuk Moms Simak!

Moms, memastikan peralatan makan si kecil tetap bersih dan aman adalah hal yang penting karena makanan sebaiknya dibuat dan disajikan menggunakan peralatan makan yang higienis. Namun, mencuci peralatan makan bayi bukanlah tugas yang sulit jika dilakukan dengan santai dan efisien. Berikut adalah beberapa tips mudah untuk menjaga peralatan makan bayi tetap higienis:

 

  1. Pisahkan dan Rendam

Langkah pertama yang bisa Moms lakukan adalah memisahkan peralatan makan si kecil sesuai dengan jenisnya. Pisahkan sendok, mangkuk, dan gelas agar mempermudah dalam proses pencucian dan juga agar sisa-sisa makanan atau minuman tidak tercampur. Setelah itu, rendam peralatan makan dalam air hangat untuk menghilangkan sisa makanan yang mungkin menempel.

Baca Juga: Makanan Sehat untuk Bayi 6 Bulan

 
  1. Gunakan Sabun Pencuci Piring Khusus

Moms bisa memilih sabun pencuci piring yang khsus untuk mencuci peralatan makan bayi yang bebas pewangi dan juga aman untuk bayi. Dalam memilih sabun cuci priring untuk peralatan si kecil, Moms bisa membaca label produk dan memastikan bahwa sabun yang digunakan aman untuk digunakan pada peralatan makan bayi.

 

  1. Sikat dengan Lembut

Untuk membersihkan sisa makanan yang sulit dijangkau, Moms bisa menggunakan sikat pencuci yang lembut agar tidak merusak peralatan makan atau minum si kecil. Moms bisa menggosok peralatan makan secara menyeluruh termasuk sudut-sudut kecil pada sendok dan garpu. Pastikan sikat yang digunakan bersih sebelum digunakan

 

Baca Juga: Puding Susu Buah Asli Bantu Cukupi Kebutuhan Nutrisi Si Kecil

 
  1. Bilas dengan Air Bersih

Setelah membersihkan peralatan makan, Moms wajib untuk membilas kembali perlengkapan si kecil dengan air bersih untuk menghilangkan sisa sabun. Pastikan tidak ada residu sabun yang tertinggal.

 

  1. Sterilkan Secara Rutin

Moms bisa melakukan seterilisasi alat makan dan minum si kecil setiap ingin digunakan, atau bisa di seterilkan sekali atau dua kali seminggu. Ini dapat dilakukan menggunakan alat sterilisasi atau jika Moms tidak memiliki alat sterilisasi, Moms bisa mensterilkan cara merebus peralatan makan dalam air mendidih selama beberapa menit. Sterilisasi sendiri dapat membantu membunuh bakteri yang mungkin tersisa meskipun sudah dicuci.

 

Baca Juga: Asupan Nurtisi Bergizi Seimbang pada MPASI, Kunci Cerdaskan Anak Indonesia

 
  1. Keringkan Hingga Kering

Setelah dicuci dan dibilas, Moms bisa membiarkan peralatan makan bayi kering dengan sendirinya. Moms bisa menghindari untuk mengeringkan perlatan makan dan minum si kecil dengan lap kain, karena bisa menambah risiko kontaminasi. Tempatkan peralatan makan di rak pengering.

Mencuci peralatan makan si kecil merupakan kegiatan mungkin sering kali terkesan sulit, karena banyak step yang harus dilakukan. 

 

Dengan mengikuti tips berikut, diharapkan Moms bisa tetap menjaga kebersihan alat makan dan minum si kecil dengan simple, karena menjaga kerbersihan adalah kunci untuk menjaga kesehatan si kecil.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search

PT. HASSANA BOGA SEJAHTERA
Kawasan Pergudangan Multiguna Taman Tekno 2 Blok L2 No. 35 BSD – Tangerang Selatan, Banten

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Signup our newsletter to get update information, news & insight

Nayz adalah MPASI homemade, organik dan fortifikasi pilihan Ibu milenial di Indonesia. Berbahan dasar beras organik, diperkaya campuran sayuran hijau seperti brokoli, wortel, buncis, dll sebagai protein nabati dan ikan, ayam, sapi sebagai protein alami ini sebagai MPASI Pokok.

© Copyright 2023 | NAYZ | All Rights Reserved.