blog

Makanan Sehat untuk Bayi 6 Bulan

Pada usia 6 bulan, bayi Anda mulai menunjukkan tanda-tanda bahwa mereka siap untuk mencicipi makanan padat. Selain memberikan ASI atau susu formula, memberikan makanan pendamping ASI atau biasa dikenal MPASI berupa makanan padat juga penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi Anda. Namun, makanan yang diberikan juga harus sehat dan sesuai dengan usia bayi.

 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa memberikan makanan sehat penting bagi bayi Anda:

 

  1. Memenuhi kebutuhan nutrisi Bayi yang mendapat makanan sehat memiliki kemungkinan lebih besar untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Beberapa nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi adalah protein, zat besi, vitamin A, vitamin C, dan kalsium. Makanan padat sehat yang diberikan pada bayi dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ini.
  2. Mendukung sistem kekebalan tubuh Makanan sehat juga penting untuk membantu mendukung sistem kekebalan tubuh bayi. Nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, dan seng dapat membantu melindungi bayi dari infeksi dan penyakit.
  3. Membantu membangun kebiasaan makan sehat Memberikan makanan sehat pada bayi sejak dini juga dapat membantu membentuk kebiasaan makan sehat di masa depan. Bayi yang terbiasa dengan makanan sehat cenderung akan lebih memilih makanan sehat di masa dewasa.

Beberapa contoh makanan sehat yang dapat diberikan pada bayi usia 6 bulan adalah:

 

  1. Sayuran
    Bayi dapat diberikan sayuran seperti kacang polong, wortel, kentang, kubis, dan brokoli yang sudah dihaluskan atau di-blender.
  2. Buah
    Buah seperti pisang, mangga, pir, dan apel dapat diberikan pada bayi. Pastikan untuk mengupas kulit buah dan membuang biji sebelum diberikan.
  3. Beras
    Beras bisa dijadikan makanan pokok bagi bayi. Beras dapat dihaluskan dan dicampurkan dengan air hingga berbentuk bubur bayi.

Pastikan untuk memeriksa kembali setiap bahan makanan yang akan diberikan pada bayi untuk memastikan bahwa tidak ada bahan makanan yang dapat menyebabkan alergi. Selain itu, pastikan untuk memberikan makanan secara bertahap dan memperkenalkan satu jenis makanan baru setiap kali. Jangan lupa untuk selalu mengawasi bayi selama makan.

 

Memberikan makanan sehat pada bayi usia 6 bulan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Dengan memberikan makanan sehat, Anda membantu membentuk kebiasaan makan sehat yang akan berdampak positif pada kesehatan

1 comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search

PT. HASSANA BOGA SEJAHTERA
Kawasan Pergudangan Multiguna Taman Tekno 2 Blok L2 No. 35 BSD – Tangerang Selatan, Banten

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Signup our newsletter to get update information, news & insight

Nayz adalah MPASI homemade, organik dan fortifikasi pilihan Ibu milenial di Indonesia. Berbahan dasar beras organik, diperkaya campuran sayuran hijau seperti brokoli, wortel, buncis, dll sebagai protein nabati dan ikan, ayam, sapi sebagai protein alami ini sebagai MPASI Pokok.

© Copyright 2023 | NAYZ | All Rights Reserved.